SHOLAT IDHUL FITRI : LANGKAH AWAL DI MASJID AL FALAH SURABAYA

Sholat Idul Fitri adalah momen yang istimewa. Sehingga berkesan bagi seluruh umat muslim yang berkumpul dan untuk memperkokoh hubungan antar jamaah serta mempererat ikatan kebersamaan. Mari kita jadikan masjid Al Falah Surabaya ini sebagai tempat yang penuh kasih sayang, keberagaman, dan kedamaian.

Dengan tema ” Dengan kesalehan yang utuh kita wujudkan umat dan bangsa unggul ” yang di sampaikan oleh penceramah Ustadz Dr. KH. Muh. Zaitun Rasmin, Lc, M.A, Dengan kesalehan yang utuh, kita dapat mewujudkan sebuah umat dan bangsa yang unggul, sejahtera, dan bermartabat di mata Allah SWT dan di hadapan bangsa-bangsa lainnya. Mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya kesalehan dalam kehidupan kita sehari-hari. Agar kita semua dapat menjadi bagian dari perubahan yang positif bagi umat dan bangsa ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi langkah-langkah kita menuju kesalehan yang utuh dan menyelamatkan umat dan bangsa kita dari segala kesulitan dan cobaan. Amin.

Terdapat beberapa ayat Al-Quran dan hadist yang menyoroti pentingnya kesalehan dalam membangun umat dan bangsa yang unggul. Berikut ini beberapa di antaranya :

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ ۗ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ ٱلْكِتَٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ Ali Imran (3:110): مِّنْهُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma´ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.

“Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menunjukkan kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengerjakannya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Pesan di atas menegaskan bahwa, kesalehan dalam beribadah dan berperilaku adalah kunci dalam membentuk masyarakat yang unggul. Umat yang saleh adalah umat yang beriman kepada Allah SWT, beramal shalih, dan senantiasa memperjuangkan kebaikan serta melawan kemungkaran. Dengan demikian, Allah SWT akan memberkahi umat dan bangsa dengan kesalehan yang utuh pada akhirnya, dan mereka akan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

Seluruh jamaah dan masyarakat sekitar selalu menerima sumber inspirasi dan keberkahan dari momen Idul Fitri di Masjid Al Falah Surabaya. Dengan semangat kebersamaan dalam menjalankan ibadah dan atas izin Allah SWT. Semoga masjid baru ini menjadi tempat yang selalu ramai oleh kehadiran jamaah yang penuh keikhlasan dan kesalehan dalam beribadah. Selain itu, sholat idhul fitri bisa membantu memperkokoh hubungan antar jamaah. Selain itu juga mempererat ikatan kebersamaan, dan memperluas manfaat spiritual yang diperoleh dari ibadah tersebut.

Leave a Reply